Saya dan Open Source

Saya mau mereview ulang, seperti apa hubungan kehidupan saya dengan open source.

Saya pertama kali mengenal konsep open source ini berawal dari sebuah CD linux Ubuntu yang saya dapatkan di stand bazar UKM Telemetri Universitas Andalas. Waktu itu lokasinya di PKM, di awal-awal berdirinya UKM ini. Saya lupa tanggal pastinya. Karena waktu itu masih S1, jadi kira-kira rentang waktu tahun 2004-2008. Saya instal-lah si Linux berlambang lingkaran orang bergandeng tangan ini di PC di rumah (di kampung), dual boot dengan Windows XP.
Saya sangat terpukau dengan konsep open source yang dipakai oleh Linux. Sebuah konsep “perlawanan” terhadap penguasaan ilmu dan teknologi oleh korporasi. Menentang pemahaman umum bahwa “kalau mau pintar harus bayar”.
Sangat berat waktu itu menginstal dan menggunakan linux, selalu ada saja kekurangannya. Apalagi dibandingkan dengan Windows yang hampir semua orang memakainya. Namun, hal itu sangat terbantu dengan adanya komunitas yang selalu berbagi, tanpa takut ilmunya dibajak atau dicuri orang.
Singkat cerita saya makin menyukai Linux, sampai berlangganan dapat kiriman CD versi Ubuntu terbaru yang dikirim oleh Shipit.
Ketika pertama kali beli laptop untuk menulis skripsi, Axioo Neon MNC, langsung saya install dengan Ubuntu saja tanpa Windows. Skripsi saya akhirnya berhasil ditulis, walaupun masih campur-campur kontribusinya, antara Microsoft Office di Windows XP (di PC dan di warnet) dan OpenOffice di Ubuntu (di laptop).
Ketika lanjut ke S2, laptop Axio ini rusak layarnya, maka saya beli netbook baru Acer Aspire One 522. Dan langsung saya instal dengan linux sebagai OS satu-satunya di laptop itu.
Kisahnya jatuh bangunnya sempat saya abadikan di blog
https://aadrean.wordpress.com/2011/11/16/berbagi-pengalaman-dalam-instal-sabily-ubuntu-linux-muslim-edition-di-acer-aspire-one-522/
Sehingga berhasil lah tesis saya buat dengan murni pakai linux. Daftar perangkat lunak yang saya gunakan untuk menghasilkan tesis itu bisa dilihat di tulisan ini https://aadrean.wordpress.com/2011/01/09/perangkat-lunak-yang-membantu-selesainya-tesisku/
Sekarang, laptop saya Asus X200CA yang terpasang Linux Mint 18 sebagai OS tunggalnya.

Tak hanya perangkat lunak yang open source, ilmu-ilmu bermanfaat banyak saya dapatkan dari informasi yang tersebar bebas dan gratis di internet. Sehingga saya membuatkan tulisan khusus untuk berterima kasih kepada itu semua. Entah benar atau tidak istilahnya, saya menyebutnya dengan open community.
Ini pendahuluannya
https://aadrean.wordpress.com/2011/12/16/thanks-to-all-open-community-part-1-pendahuluan/
Saya berencana mau berterima kasih kepada tiga komunitas yaitu Wikipedians, para blogger dan open jurnal. Open jurnal yang saya maksudkan waktu itu adalah semua jurnal yang bisa diunduh gratis, karena belum tahu beda konsep open jurnal dan free jurnal. Namun, sampai sekarang hanya untuk Wikipedia saja yang telah sempat tertuliskan.
https://aadrean.wordpress.com/2012/06/06/thanks-to-all-open-communities-part-2-kategori-tulisan-wikipedia/
Mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan hutang dua ucapan terimakasih tersebut. Karena saat ini harus ditambah satu lagi yang wajib mendapatkan terima kasih, yaitu Stack Exchange, tempat rujukan favorit setiap mentok dalam menganalisa data pakai program R.

Ternyata konsep open ini tidak hanya di perangkat lunak atau informasi di internet, dalam pelaksanaan penelitian pun sekarang sudah ada open science. Saya percaya konsep ini punya potensi yang sangat besar dalam memajukan sain dan teknologi di Indonesia. Mudah-mudahan saya juga bisa ikut berkontribusi banyak :).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: