Cara menggunakan Cit dalam mengutip referensi

Sebagaimana yang telah diketahui, Cit digunakan untuk menuliskan rujukan yang tidak kita dapatkan langsung. Misalnya, Kita menemukan di artikel si Budi 2015 sebuah statement “Ani 2014 menyatakan bahwa cacing itu tidak memiliki kaki”. Maka ketika kita mau mengutip informasi tersebut, kita menuliskannya dengan “Ani 2014 cit Budi 2015 menyatakan bahwa cacing itu tidak memiliki kaki”, kalau kita tidak bisa juga menemukan artikel Ani 2014 tersebut.

Tapi, tidak semuanya harus kita tuliskan cit. Cit digunakan kalau kita mengutip tulisan orang lain yang berasal dari kutipan di artikel jurnal penelitian (research paper). Kalau dari buku atau review, maka tidak perlu pakai Cit. Cukup tuliskan bahwa kita merujuk ke buku atau artikel review tersebut.

Cara membedakan artikel manakah yang harus dikutip pakai Cit, mana yang tak pakai Cit jika ambil kutipan yang dikutip orang lain:

1. Yang harus pakai Cit.

Referensi yang kita dapat dari artikel jurnal penelitian. Cara menandakannya yaitu artikel itu memiliki bab Bahan dan Metode atau sejenis.

2. Yang tidak pakai Cit

Referensi yang kita dapatkan dari tulisan artikel secara umum. Bentuknya bisa berupa buku, artikel review, opini, panduan/manual, baik dalam bentuk hard copy, soft copy maupun di internet.

Buku yang ditulis untuk kalangan awam biasanya tak ada satu pun rujukan di paragrafnya. Buku jenis ini hanya memiliki daftar pustaka atau rujukan di bagian akhir bukunya. Kalau buku yang bagus itu, hampir semua informasi yang dituliskan di setiap paragrafnya memiliki rujukan. Kalau kita pakai Cit juga untuk buku ini, maka bisa-bisa tak ada satupun dari buku itu yang bisa kutip.

Namun perlu diketahui bahwa mengutip dari buku itu nilainya rendah. Itu menunjukkan bahwa kita hanya membaca dari sumber-sumber umum saja, tidak update dengan trend penelitian yang sedang berkembang, serta tidak mengetahui persis seperti apa kondisi sebenarnya. Rujukan terbaik itu adalah rujukan langsung ke artikel research papernya.

CMIIW

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: