Pengertian Fitness dalam ilmu Biologi

Fitness dalam ilmu biologi, tidak ada hubungannya dengan sebuah tempat dimana kita bisa melakukan olahraga atau Gym yang biasa kita gunakan sebagai tempat membentuk tubuh menjadi atletis.

Lalu apa itu fitness?

Orr (2009) menjelaskan sebagai berikut:
Fitness involves the ability of organisms— or, more rarely, populations or species— to survive and reproduce in the environment in which they find themselves. The consequence of this survival and reproduction is that organisms contribute genes to the next generation (Orr, 2009).

Jika diterjemahkan menurut versi saya adalah:
Fitness adalah kemampuan dari organisme (atau populasi, atau jenis) untuk bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan dimana mereka berada. Karena ketahanan hidup dan perkembangbiakan ini lah, maka organisme tersebut ikut menyumbangkan gen untuk generasi berikutnya

Bagaimana cara menghitung nilai fitness biologi ini?

Fitness bisa dihitung dengan 2 cara: fitness mutlak dan fitness relatif, dalam bahasa Inggris disebut absolute fitness dan relative fitness. Berikut pengertian dari 2 cara tersebut menurut biology-online.org:

Absolute fitness: A measure of biological fitness expressed as the total number of gene copies transmitted to the subsequent generation or the total number of surviving offspring that an individual produces during its lifetime.
Relative fitness: A measure of biological fitness expressed as the ratio of the absolute fitness of an individual (or of a genotype or of a phenotype) and the absolute fitness of a reference individual (or of genotype or of phenotype).

Kira-kira artinya seperti ini:
Fitness mutlak: Pengukuran dari fitness biologi yang ditampilkan sebagai: jumlah total salinan gen yang ditransmisikan ke generasi berikutnya, atau, jumlah total keturunan yang bertahan hidup dari sebuah individu selama hidupnya.
Fitness relatif: Pengukuran dari fitness biologi yang ditampilkan sebagai ratio antara fitness mutlak dari sebuah individu (atau genotip, atau fenotip) dan fitnes mutlak dari individu (atau genotip, atau fenotip) yang jadi rujukan.

Rujukan:

2 Responses to Pengertian Fitness dalam ilmu Biologi

  1. Ping-balik: Pengertian Habitat, Lingkungan dan Relung | Tulisanku

  2. gunarta mengatakan:

    darwinian fitness ya pak? Klo yang gym physical fitness ya?hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: