Kegiatan Baca Buku Cerita Berang-berang

Bercerita merupakan sebuah kegiatan yang menarik apalagi untuk anak-anak. Lewat cerita kita bisa menyampaikan pesan dengan mudah. Hal ini pula lah yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Andalas disebuah sekolah di Sumatera Barat.

Selasa 2 Juli 2013, mahasiswa berpakaian almamater hijau ini mengunjungi sebuah sekolah MTsN di kecamatan Panti, kabupaten Pasaman. Panti adalah sebuah desa yang bersebelahan dengan Cagar Alam Rimbo Panti. Cagar Alam ini memiliki bentang alam yang unik yaitu hutan rawa yang terdapat di dalamnya sumber air panas. Kawasan ini dilalui oleh sebuah sungai dan menjadi habitat berang-berang.

Peserta kegiatan baca buku cerita ini adalah siswa baru kelas 1. Mereka sedang dalam masa orientasi sekolah. Sedangkan instrukturnya adalah mahasiswa Universitas Andalas. Mahasiswa-mahasiswa ini sedang melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ke masyarakat. KKN merupakan kegiatan tahunan bagi mahasiswa semester tujuh untuk mengaplikasikan dan membagi pengetahuan dan keterampilan ke masyarakat. Banyak kegiatan yang mereka lakukan ke masyarakat dalam kerja tim-tim mereka. Untuk kegiatan bercerita ini kegiatan dipimpin oleh Adha Rilascka, seorang mahasiswa Biologi Universitas Andalas.

Pada kesempatan pertama, instruktur memperkenalkan diri kepada seluruh siswa. Kemudian agar suasana semakin hangat, instruktur telah menyiapkan permainan dan aktifitas menarik. Kemudian siswa dibagikan buku cerita dan disuruh membaca dan menginterpretasikan cerita yang ada di dalamnya. Siapa yang dapat dengan baik menceritakan kembali buku ceritanya maka akan mendapatkan door prize. Selain itu para siswa juga mendapatkan motivasi pesan-pesan agar kita selalu melindungi seluruh makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan dan termasuk juga berang-berang yang sebagai flagship kegiatan ini. Selain itu siswa juga dimotivasi agar menjadi ramah lingkungan, bisa menjadi pemimpin dan orang sukses di masa depan.

Buku cerita yang dibagikan ada sebanyak 5 judul. Buku-buku yang bercerita tentang dongeng-dongeng yang melibatkan berang-berang di dalam ceritanya. Buku cerita ini berasal dari IUCN Otter Specialis Group, yang langsung dikirim oleh koordinator IUCN OSG regional Asia, Prof. Padma deSilva.

Walaupun kegiatan ini sangat menarik, namun terdapat kendala dan permasalahan yang terjadi di lapangan. Buku cerita berang-berang ini ditulis dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah pelajaran yang akan mereka pelajari pada semester ini. Siswa didaerah pedesaan tidak memahami Bahasa Inggris. Orang tua mereka yang kurang mampu, tidak memberikan anaknya belajar tambahan untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris. Untuk mengatasi ini, siswa didampingi oleh instruktur dan dibantu dalam menerjemahkan. Untungnya buku ini banyak memiliki gambar sehingga mudah untuk dimengerti.

Setelah acara selesai, buku disimpan di sekolah sehingga guru bahasa Inggris dapat menggunakannya sebagai bahan ajar bahasa Inggris.

foto-foto:

Adha was talking about animal conservation including otter a young ladies reads an otter book DSCN5656 DSCN5660 Instructors

One Response to Kegiatan Baca Buku Cerita Berang-berang

  1. Gusti 'ajo' Ramli mengatakan:

    Sangat cocok sekali bercerita tentang berang berang di tempat habitat nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: