Penelitian laba-laba pakai lampu headlamp

Mencari laba-laba ternyata lebih mudah di malam hari. Bermodal dengan lampu headlamp yang pakai led, kita bisa dengan mudah menemukannya. Laba-laba yang mempunyai mata 1-4 pasang, matanya itu akan memantulkan lampu headlamp ketika kita menyorotnya. Maka dengan mudah saja kita bisa mengetahui bahwa itu adalah laba-laba. Pantulan lampu dari mata laba-laba memang akan mirip dengan pantulan yang dihasilkan oleh setetes air, tapi jika kita perhatikan akan berbeda. Pantulan dari air biasanya hanya bersinar putih biasa. Kalau dari mata laba-laba, warna pantulan akan sedikit kebiruan dan kemerahan yang agak sedikit berubah-rubah ketika dilihat dari posisi yang berbeda. Dengan metoda ini, laba-laba pun bisa dihitung jumlah populasinya.

Dengan menggunakan metoda ini berbagai bentuk penelitian menarik namun mudah, dapat dilakukan. Tema penelitian yang bisa diajukan diantaranya:

  • Penelitian inventarisasi jenis laba-laba. Kita bisa menangkapnya dengan menggunakan hand sorting method menggunakan pinset dan nanti diidentifikasi di laboratorium.
  • Menghitung kepadatan populasi laba-laba. Penelitian ini bisa dikembangkan dengan melihat perbedaan populasi pada berbagai tipe habitat yang berbeda, dengan hanya menghitung jumlah pantulan cahaya mata laba-laba.
  • Penelitian relung hidup dan mikrohabitat laba-laba. Kita bisa melihat preferensi habitat dimana laba-laba itu itu beraktifitas. Apakah di dasar hutan, di balik sarasah, di pangkal kayu, di atas daun dll.
  • Penelitian tingkah laku laba-laba. Jika kita dengan mudah bisa menemukannya, berikutnya kita bisa mengamati tingkah laku apa saja yang dilakukan oleh laba-laba.

Metoda ini masih bisa dikembangkan. Tingkat akurasinya yang bisa saya gunakan, saat ini hanya baru sampai tahu bahwa ini laba-laba, belum sampai ke tingkat yang lebih rendah apalagi sampai identifikasi jenis. Namun saya yakin jika dilakukan pengamatan lebih dalam, maka kita akan bisa menemukan perbedaan karakteristik cahaya pantulannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: