Mengeluh…

Kalau kita mau mengeluh, cobalah dengarkan dahulu keluhan-keluhan orang lain. Niscaya kita akan mendapati bahwa keluhan kita ternyata belum seberapa dibandingkan keluhan orang lain.
Dalam hidup ini kita seringkali mendapatkan permasalahan (pekerjaan, beban, amanah, cobaan dan lain-lain). Permasalahan yang kita rasa itu sangatlah berat yang hal itu diluar kesanggupan kita. Saking beratnya kita seringkali merasa telah menzalimi diri sendiri karena tidak ada lagi waktu untuk diri ini, tidak ada lagi waktu dan perhatian untuk keluarga. Hal itu akan semakin diperparah dengan keterbatasan waktu yang kita punya, dikejar deadline, dihantui target dll. Ingin rasanya diri ini berteriak dan mengeluh kepada setiap orang yang dijumpai.
Namun sebaik-baiknya tempat mengeluh adalah kepada yang menciptakan keluhan itu dan yang kalau Dia mau memberikan keluhan itu, tak akan ada satupun yang bisa menolaknya. Kalau Dia mau menghapuskan keluhan itu, tak ada satupun yang sanggup menahannya agar tetap ada. Dia itu lah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Cobalah curahkan semua keluhan itu kepada Nya. Ketika setelah salam kanan dan kiri ditempat sujud, cobalah duduk tertunduk sejenak. Rasakanlah rileksnya badan, rasakanlah tenangnya hati dan tunduknya pikiran dan emosi. Lalu tumpahkanlah semuanya…
“Ya Allah…………………”.

Curahkanlah…! Tumpahkanlah…! sejadi-jadinya sampai puas.

Lalu ingatlah firman Allah di ayat terakhir Al Baqarah
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
“Tidaklah Allah membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya …”

Lalu bacalah doa nya
رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
“… Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

Lalu ingatlah janji Allah di surat Alam Nasyrah yang mengatakan bahwa sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Tak sukup satu kali, Allah pun mengulang perkataannya. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

Subhanallah…
Alhamdulillah…
Allahuakbar!!!

Semangat! InsyaAllah PASTI BISA!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: