[Video] Berang-berang bahagia di alam liar

Senangnya hati jika hewan target penelitian memunculkan diri. Itulah perasaan yang terasa ketika video ini berhasil direkam.

Waktu itu untuk ke sekian kalinya pengamatan dilakukan dengan lokasinya berada di salah satu sungai di kabupaten Pesisir Selatan. Tanpa disangka seekor berang-berang cakar-kecil (Aonyx cinerea) muncul dan menyelam berulang-ulang kali dengan jarak sekitar 25 m dihadapan kami. Hewan ini rupanya sedang mencari makan menyelam di sekeliling sebuah batu. Dari gaya cara makannya kemungkinan ia sedang menangkap kepiting, yang merupakan diet utama dari berang-berang jenis ini.

Bagi saya, menemukan dan melihat berang-berang di alam liarnya merupakan sebuah kebahagiaan yang sangat sekali. Adanya ketenangan dan kepuasan hati ketika kita mengetahui masih ada sungai yang bagus, dan mereka masih bisa hidup tenang dan nyaman makan, beraktifitas di sana. Namun dari hari ke hari suasana alam yang indah sejuk dan nyaman itu kian langka dan sulit ditemukan. Manusia malah merusak sesuatu yang padahal dibutuhkan oleh manusia itu sendiri. Trend manusia pun sekarang ini mulai beralih menjadikan berang-berang menjadi hewan peliharaan, kondisi yang memaksa hewan untuk menyesuaikan dirinya seperti apa yang manusia suka bukan seperti apa yang mereka suka. Berang-berang tidak memiliki rasa kemerdekaan lagi. Dipaksa makan makanan buatan, dikurung dan dirantai, dibatasi hak untuk bermain dan bersenang-senangnya, dibatasi jalan-jalannya, dan dibatasi pergaulannya.

Di hari pahlawan ini saya pun mempertanyakan. Apakah hewan juga butuh sosok Pahlawan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: