Hal penting ketika memulai bekerja dengan QuantumGIS

Jika tidak memulai dengan benar, maka kerja kita di QuantumGIS bisa sangat terganggu. Permasalahan titik melenceng, project kita tidak bisa dicopy, tidak bisa dikerjakan di komputer lain, tidak nyambung dengan data sebelumnya dan berbagai permasalahan lainnya, bisa saja timbul dalam perjalanan kita membuat sebuah peta.

Berikut saya bagi tips sederhana berdasarkan pengalaman pribadi, urutan tahapan sebelum memulai kerja agar nyaman ber-QuantumGIS:

  • Buat folder kerja
    Buat sebuah folder khusus untuk setiap proyek kita. Di dalam folder ini tempatkan seluruh bahan-bahan layer yang akan digunakan, tempat menyimpan file project dan hasil peta jadinya. Kalau kita ingin berbagi atau memindahkan pekerjaan kita ke komputer lain, cukup dengan meng-copy satu folder itu saja.
  • Copy layer ke folder kerja
    Biasakan memiliki lumbung data, sebagai tempat koleksi layer vektor maupun raster. Namun, kalau pada setiap project, biasakan menyalin setiap data yang dibutuhkan ke folder kerja. Jadi, bukan data layer asli itu yang langsung digunakan. Sehingga kalau ada perubahan atau editing, data asli kita masih aman.
  • Atur preferensi dan pengaturan pada program QuantumGIS
    Biar nyaman, atur sesuai keinginan dan kenyamanan kerja: bahasa, shortcut, tampilan dll
  • Atur Cordinat Reference System (CRS) project
    Kita bekerja di sistem koordinat apa? Perbedaan ini akan mempengaruhi satuan dan sistem koordinat yang akan ditampilkan. Kalau bekerja dengan bahan yang bersistem koordinat berbeda-beda, pastikan mengaktifkan On the Fly CRS Transformation
  • Masukkan layer
  • Pastikan CRS layer sesuai dengan yang diinginkan
    Setelah layer dimasukkan, pastikan setiap layer itu sesuai sistem koordinatnya dengan data yang sebenarnya. Jangan sampai misalnya, data kita berkoordinat WGS84 Geografis, ternyata ter-setting sebagai UTM. Hal ini akan membuat titik bisa melenceng jauh.
  • Silahkan lanjutkan kerja….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: