Perdagangan berang-berang di forum jual beli di Indonesia

Berikut ini kami akan menyajikan hasil penyelidikan kami terhadap perdagangan berang-berang sebagai hewan peliharaan di pasar online atau forum jual beli di Indonesia.

Kami telah mencatat setiap postingan jual beli yang memiliki tanggal posting dari Januari sampai Mei 2012, yaitu pada dua forum jual beli terbesar di Indonesia yaitu kaskus.us (sekarang ini menjadi kaskus.co.id) dan di tokobagus.com.

Penyelidikan ini telah mencatat 63 posting dari 46 orang penjual. Dari 46 penjual itu diketahui 2 diantaranya adalah petshop / toko penjual binatang peliharaan. Empat penjual individu (bukan petshop) telah memposting iklan penjualan berang-berang lebih dari satu kali dan juga menyatakan dapat menyediakan berang-berang lainnya sebagai stok. Namun beberapa iklan tidak disertai dengan informasi yang lengkap.

Umumnya jenis yang diperjual belikan adalah berang-berang cakar kecil (Aonyx cinereus) sebanyak 83,9%. Berang-berang bulu licin (Lutrogale perspicillata hanya ditemukan satu iklan (1,6%), dan sebanyak 14,5% iklan tidak bisa diketahui jenisnya karena penjual tidak menyertakan foto.

Semua perdagangan diketahui pedagangnya berasal dari pulau Jawa, dengan provinsi Jawa Timur aktifitas perdagangan terbesar. Kami juga mencatat yang dari Jawa Timur itu umumnya berasal dari kabupaten jember (Kenapa dari Jember? Ada apa dengan Jember? .red.). Namun kami belum dapat menemukan informasi tentang sumber dari mana berang-berang itu berasal, karena tidak disediakan oleh penjual.

Para penjual memperjualbelikan berang-berang yang masih anak, mulai dari yang baru lahir (1 minggu) sampai 5 bulan (rata-rata 2,58 bulan). Berang-berang biasanya dijual dengan saudaranya selahir, yang dijual mencapai 4 ekor dalam satu posting.

Terdapat dua mekanisme penjualan, yang pertama COD (Collect on Delivery), si penjual dan si pembeli membuat janji bertemu pada suatu tempat. COD biasanya terjadi di terminal dan beberapa juga dilakukan di rumah si penjual. Yang kedua dengan menggunakan jasa kurir. Jasa ini dapat mencapai seluruh wilayah Jawa yang terhubung dengan jaringan kereta api, karena mereka menggunakan jasa kargo kereta api.

Harga bervariasi berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 800.000 (rata-rata Rp. 430.186). Beberapa penjual tidak menyediakan harga, harus dihubungi secara personal dulu kalau ingin tahu harganya. Harga tergantung umur dan kemampuan dari si berang-berang. Jika berang-berangnya cerdik, lincah dan lucu harga semakin tinggi. Beberapa kasus juga tercatat bahwa mereka tidak hanya menjual tetapi juga bisa dibarter dengan hewan lain seperti iguana, burung hantu dll atau dibarter dengan berang-berang yang berjenis kelamin berbeda.

Perdagangan berang-berang dari waktu ke waktu semakin marak seperti halnya perdagangan online satwa liar secara global. Peningkatan intensitas perdagangan ini telah memasuki level yang perlu perhatian lebih. Bayi yang sangat muda usianya diperjualbelikan dengan peluang yang sangat besar akan mati ditangan manusia. Berdasarkan informasi yang didapatkan, biasanya induk berang-berang juga dibunuh untuk mendapatkan bayinya ini.
Walaupun tidak ada jenis yang dilindungi terdeteksi, regulasi dan rencana aksi dibutuhkan segera.

Terima kasih banyak atas perhatiannya. Kami butuh dukungan dari semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan ini, sesegera mungkin. Terima kasih banyak.

Sumber:
Supportive Environments for the Region’s Otters (SERO) facebook page, disarikan dari:
Aadrean. An Investigation of Otters Trading as Pet in Indonesian Online Markets. Submitted paper to Jurnal of Indonesian Natural History

7 Responses to Perdagangan berang-berang di forum jual beli di Indonesia

  1. Julio Eiffelt R R mengatakan:

    sampai berang2 pun jadi bahan jual beli. ada bebrapa spesies ‘endangered’ di Sumbar yang juga diperjual belikan. adanya kolaborasi antara NGO dan local goverment dapat menurunkan perilaku bisnis tersebut. spesies di jayapura juga mengalami hal yang sama. mulai dari penduduk lokal sampai dengan bangsa asing yang mengeksplorasi spesies asli Papua dengan alasan untuk studi pendahuluan dan lain sebagainya.

    saatnya kita juga memperhatikan sekeliling kita dan bertindak🙂

  2. 2ndklithikan mengatakan:

    ngapain beli berang2, di tempat saya aja banyak,
    org2 mlah pda takut tuh

  3. hanihndyn mengatakan:

    apa berang-berang sudah termasuk kedalam hewan langka? sebaiknya tidak usah dijual belikan, lebih baik diserahkan ke kebun binatang atau semacamnya supaya terurus dan mengurangi jumlahkepunahan..

  4. iskandar mengatakan:

    kalo ngurus nya bener,ya gak apa apa untuk di pelihara juga………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: