Thanks to all Open-Communities. Part 2: Kategori Tulisan — Wikipedia

<– Sebelumnya part 1.

Informasi, berita, cari tugas kuliah dll, sekarang ini cukup dengan cari di internet saja. Tanpa dipungut biaya selain pulsa internet, kita dapat menemukan apa yang dibutuhkan. Coba saja jika situs informasi itu dikelola oleh perusahaan yang menjual infonya itu, maka situs itu akan mensyaratkan bayar dulu baru bisa akses. “Butuh info dan ilmu? Mana dulu uangnya?” Kira-kira seperti itu lah yang akan terjadi jika ilmu tidak tersebar gratis di internet. Kalau seperti ini maka ilmu hanya akan menjadi milik orang kaya saja. Untungnya ada orang yang mau dan ikhlas untuk berbagi ilmu, tanpa royalti, bebas copy dan share begitu saja, dengan hanya sekedar tuliskan sumbernya saja (etika ilmiah).

Melanjutkan postingan sebelumnya part 1 yang berupa pendahuluan, maka part 2 ini akan saya bahas open community untuk kategori tulisan. Pada kategori tulisan ini ada 3 pihak yang ingin saya sampaikan secara khusus ucapan terima kasih saya ini: Kepada Wikipedia, para blogger dan open jurnal.

1. Wikipedia

Wikipedia merupakan situs penyedia informasi dengan format gaya tulisan seperti ensiklopedia. Uniknya konten ensiklopedi ini dibuat oleh siapa saja di atas dunia ini yang mau membuatnya. Artikel apapun bisa dibuat asalkan dengan format ensiklopedi dan gaya bahasa yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, kita pun bisa menambahkan dan memperbaiki setiap artikel yang ada. Jadi, satu artikel yang kita lihat di Wikipedia itu merupakan hasil kerja bareng-bareng.

Misal:

Si A bisa saja memulai membuat sebuah artikel berjudul Gunung Singgalang yang berisi hanya satu kata saja, karena tidak tahu tentang gunung itu.

Lalu datanglah si B membaca artikel itu, “Kok tidak ada isinya sama sekali ya?” Maka si B pun menambahkan isi “Gunung Singgalang merupakan salah satu gunung di Sumatera Barat…”. Itu saja yang diketahui oleh si B.

Kemudian si C membaca, lalu menambahkan “…tingginya 2877”

Si D menambahkan tentang iklim

Si E tentang Flora Fauna

Si F tentang masyarakat …..dst. Sehingga menjadi sebuah artikel ensiklopedi yang lengkap.

Begitu lah kira-kira, begitu juga dengan artikel lainnya.
NB: Info penting. Saat tulisan ini dibuat, artikel tentang gunung Singgalang ini masih sedikit isinya, mari kita lengkapi!.

Nah, siapa si A, si B dan seterusnya itu? Kenapa mereka mau saja membuatnya? Apa untungnya bagi mereka? Padahal tidak ada nilai komersilnya dan tidak akan membuat nama mereka terkenal. Karena mereka itu membuatnya dengan ikhlas (InsyaAllah). Belum lagi ada diantara para Wikipedian itu yang mereka berusaha selalu menjaga setiap artikel dari para vandalism, yang kerjanya merusak dan membuat informasi palsu pada artikel. Wow…. salut!

Thanks to all Wikipedian……..! Tugas kuliah dan buat bahan kuliah pun banyak saya dapatkan dari Wikipedia ini. Terima kasih banyak.

Bersambung….

One Response to Thanks to all Open-Communities. Part 2: Kategori Tulisan — Wikipedia

  1. Ping-balik: Thanks to all Open-Communities. Part 1: Pendahuluan « Tulisanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: