Melihat lokasi jatuhnya sukhoi menggunakan Google Earth

Jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di gunung Salak memang sebuah peristiwa yang heboh dan begitu menyedihkan. Dari berita yang ada di media masa, lokasi jatuhnya pesawat ini berada pada daerah yang sulit dijangkau karena pada tebing yang hampir tegak lurus. Jadi penasaran, bagaimana bentuk topografi gunung salak itu.

Berbekal informasi koordinat yang dapat dari situs Himpala Unas, saya coba melihatnya dengan menggunakan Google Earth. Di situs itu tertulis koordinatnya LS 06.42.60.3, BT 106.4441.1. Jadi bingung, kok format koordinatnya seperti itu?. Kalau formatnya derajat desimal maka melenceng jauh dari gunung salak. Kalau formatnya derajat menit detik, itu tidak mungkin karena ada 60,3 artinya sudah lebih dari 60. Maka saya coba saja memahami mungkin yang dimaksud adalah derajat menit desimal: Lintang Selatan 06 derajat 42,603 menit, dan Bujur Timur 106 derajat 44, 411 menit (mudah-mudahan tidak salah koordinat).

Maka dapatlah koordinat yang memang menunjukkan lokasi berada di tebing yang hampir tegak lurus. Ternyata gunung Salak itu memang sangar. Lihat saja gambar ini:

Bagi yang juga ingin melihat lokasi jatuhnya sukhoi dan terjalnya gunung salak di Google Earth, silahkan  unduh dan buka file .kml ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: