Jejak hewan lain yang mirip dengan jejak berang-berang

Di lapangan, akan sering ditemukan jejak hewan lain yang mirip dengan berang-berang. Jejak hewan lain yang sering ditemukan pada pinggir perairan diantaranya adalah biawak, burung air, berbagai jenis kucing, anjing, kera, dan musang.

  1. Jejak biawak memiliki jari yang lima dan panjang, mirip seperti berang-berang. Namun jejak biawak memiliki jari yang terlalu panjang dan tidak memiliki selaput renang. Pada jari juga akan terlihat pola-pola sisik yang tercetak pada jejak yang bersubstrat lumpur atau pasir lembab. Ciri khas lain dari jejak biawak adalah terlihatnya goresan gesekan ekor ke tanah diantara jejak kaki kiri dan kanan.
  2. Burung air memiliki jejak yang berselaput renang seperti berang-berang, namun burung air hanya memiliki tiga jari kurus ke arah depan. Kalau jejak yang jelas akan memperlihatkan satu jari ke arah belakang.
  3. Jejak kucing sering juga ditemukan bersamaan dengan jejak berang-berang di pinggir perairan. Jejak kucing memiliki 4 jari yang pendek dan yang terlihat hanya berupa bantalan kaki dan empat bulatan jari terpisah di depannya. Tidak memiliki cakar dan selaput renang. Jenis kucing yang sering ditemukan jejaknya adalah kucing hutan (Prionailurus bengalensis). Kalau kucing rumah (Felis domesticus) tidak ditemukan di pinggir badan perairan, karena mereka takut air.
  4. Anjing memiliki jejak yang mirip seperti kucing, tapi memperlihatkan cakar yang jelas
  5. Kera memiliki jejak yang sering kali bisa membuat terkecoh pada awal pertama lihat. Memiliki jari yang panjang, ujung jari juga membulat, tidak bercakar mirip seperti jejak berang-berang Aonyx cinerea jika dilihat sepintas lalu, namun jejak kera ini tidak memiliki selaput renang dan hanya empat jari ke arah depan. Ciri khas dari jejak kera dan primata secara umum adalah memiliki ibu jari yang arahnya ke samping, tegak lurus dari empat jari lainnya.
  6. Musang memiliki jejak yang mirip seperti kucing yang memperlihatkan bulatan-bulatan bantalan kaki serta bulatan jari terpisah di depannya, namun musang memiliki 5 jari yang jelas, serta cakar kecil akan terlihat.

___________________________________________________________

Tulisan ini merupakan bagian dari buku berang-berang yang sedang saya susun. Mohon doanya agar keinginan ini bisa terwujud. Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: