Thanks to all Open-Communities. Part 1: Pendahuluan

Zaman sekarang, dunia akan terasa sempit jika tidak ada internet. Zaman sekarang dunia akan terasa susah jika tidak ada program komputer. Kita semua sudah ketergantungan dengan internet, dan tentunya internet itu pun dijalankan oleh berbagai program perangkat lunak (software).

Ketika ada sebuah pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya, orang-orang akan mempersilahkan kita agar bertanya ke profesor Gugel. Perlu diketahui bahwa si Gugel ini sebenarnya tidak mengetahui jawaban kita, tapi si mbah ini tau dimana jawaban itu bisa kita dapatkan. Ya… kira-kira begitulah cara kerja search engine ini.

Nah, pernah kita memikirkan sejenak dari manakah informasi yang kita temukan di internet tersebut? Siapa yang membuatnya? Jika seandainya tidak ada yang suka buat tulisan di internet, maka tidak akan jadi profesor si Gugel ini. Begitu juga ketika kita ingin gambar, video dan file lainnya. Jika tidak ada yang menguploadnya secara sukarela ke internet maka tidak akan tahulah kita bagaimana bentuk dan rupa sesuatu yang ingin diketahui. Begitu juga dengan beberapa software yang bebas kita gunakan.

Semua itu dapat gratis kan?!  Bisa dibayangkan jika seandainya untuk setiap artikel/gambar/video/software yang kita butuhkan, kita harus membayar ke pemiliknya. Maka tidak akan maju dunia ini!, akan ada ketimpangan sosial dan pendidikan, berarti yang kaya lah yang berhak pandai dan maju berkembang. Alhamdulillah, dalam kenyataannya kita telah disuguhi jutaan hal secara bebas.

Untuk itu lewat tulisan ini saya memberikan ucapan terima kasih secara khusus kepada seluruh Open-Community. Istilah ini saya berikan untuk para penggiat, kontributor, yang telah memberikan peranannya berbagi ilmu dan materi secara gratis yang mempersilahkan orang lain mempergunakan dan tanpa takut dibajak, diedit dan dan disebarkan lagi oleh orang lain. Saya bagi menjadi tiga kategori: pertama kategori tulisan, kedua kategori software, dan ketiga kategori video, gambar dan file-file lainnya.

Mungkin sebagai pendahuluannya cukup dulu. Part-part berikutnya insya Allah akan berisi penjelasan siapa masing-masing kategori yang saya sebutkan tadi. Mudah-mudahan semua yang telah mereka berikan itu menjadi Amal Jariyah, bagi mereka yang ikhlas dan benar.

Mudah-mudahan juga saya diberikan kelapangan waktu melanjutkan tulisan ini. Terima kasih semuanya.

Berikutnya….Part 2: Kategori tulisan — Wikipedia –>

5 Responses to Thanks to all Open-Communities. Part 1: Pendahuluan

  1. Julio Eiffelt R R mengatakan:

    hhhmm, Bukan prof. Gogel. Ttp paman gogel krn belum di lantik.

    • Aadrean mengatakan:

      He he he.

      O yo, nama Eifel yang ada di komen di atas kalau di klik kenapa tidak merunjuk ka blognya Eifel, tapi hanya link ke gravatar. Cubo rubah di pengaturan WordPressnya sehingga setiap kita komentar di blog siapa saja, orang hanya tinggal klik nama saja untuk melihat blog kita.

  2. puchsukahujan mengatakan:

    seperti nulis skripsi, pake pendahuluan dulu
    kunjungan balik bung, terima kasih sudah mampir di blog saya

    salam kenal

    • Aadrean mengatakan:

      Menulis itu cukup menyusahkan bagi saya. Karena tulisannya tidak terselesaikan, makanya dibuat dulu sebagai pendahuluan. Besok-besok disambung lagi.
      Salam kenal juga, terima kasih sudah kunjungan balik.

  3. Ping-balik: Thanks to all Open-Communities. Part 2: Kategori Tulisan — Wikipedia « Tulisanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: