Berbagi pengalaman dalam instal Sabily (Ubuntu Linux Muslim Edition) di Acer Aspire One 522

Berawal dari laptop ku sebelumnya Axioo Neon MNC yang rusak LCDnya. Harus tukar LCD seharga 1,3juta, kata petugas Axioo Center. Hmm… sepertinya lebih baik beli netbook baru saja, tambah sekitar 1 jutaan sudah bisa dapat yang baru dan lebih bagus dari laptop lama ku itu. Cari, dan mencari…. netbook murah tapi kuat dan bagus. Karena agak AMD-holic juga, di-googling-lah netbook AMD. Tertujulah pilihan ke Acer Aspire One 522.

Saya adalah salah satu yang dari sekian banyak orang di dunia ini pengguna OS Linux. Tapi belum pernah saya melihat dan mendengar teman-teman di kampus seperti saya, yang Laptopnya hanya terinstal OS Linux saja tanpa dual boot dengan OS jendela. OS yang saya gunakan sekarang ini adalah Sabily, sebuah turunan dari Ubuntu edisi muslimnya.

Kembali ke cerita netbook baru. Sebelum membeli netbook Acer ini, untuk memastikan maka dicarilah review yang pernah menggunakannya dengan Ubuntu. Namun tidak ada yang jawaban memuaskan malah hasil gugel merujuk ke iklan-iklan melulu. Tanya ke grup Sabily di Fesbuk, pun tidak ada yang menjawab pernah menggunakan sebelumnya. Modal nekat saja, beli!.

Wuih…, ternyata panjang dan melelahkan pula perjuangan memasangkan Sabily ke netbook ini. Nah, pengalaman inilah yang dicoba dibagikan.

Tahap pertama: Membeli netbook

hasil googling menunjukkan harga netbook ini sekitar 2,5jt. Teringatlah pernah mendapatkan sebuah brosur jualan dari sebuah toko komputer terkenal di Padang, yang memasukkan netbook ini dalam brosurnya dengan harga 2,5jt. Hmm.. pas lah. Maka langsung saja menuju toko tersebut. Tanya ke karyawan penjualannya, Ada! tapi warna hitam saja. OK. Ternyata netbook ini sudah terinstal OS jendela tujuh. Bajakan pastinya. Bungkus, dan bawa pulang.

Tahap kedua: Instal Sabily

Setiba di rumah, tanpa explore software jendelanya, langsung saja. Dengan menggunakan CDROM eksternal, dan master Sabily 11.04 yang small. Ada dua pilihan yang dimiliki, untuk 32 bit atau 64bit. Karena AMD, dan katanya prosesor sudah support 64bit, maka dijalankan live cd Sabily 11.04 small. Loading…………Maka tampillah Sabily dengan Unity 2Dnya. Mantap!.

Cek segala cek. Graphic sudah support sepertinya, suara terdengar, Wireless sudah detek, sudah pakai libre office. OK, keputusan sudah diambil. Instal saja!

Partisi dibuat. 100GB untuk sistem dengan ext4, 2GB swap dan selebihnya untuk data dengan FAT32. dst…….. Terinstal-lah Sabily 64bit.

Tampilan pertama setelah terinstal ternyata menggunakan Gnome classic. setelah tukar di preferencenya maka menjadi Unity 2D. Cek dan eksplore, ternyata unity tampilannya menarik walau susah juga menyesuaikannya. Menurut saya lebih cepat menggunakan GnomeDo dari pada fitur Unity. Coba dan coba, buka berbagai program, atur berbagai setting, dan sudah berulang kali restart, tetap aman terkendali. Dengan senang hati shutdown netbook ini.

Tahap ketiga: Masa hang

Pagi, netbook ini dibawa di dalam tas berangkat ke kampus. Seharian di kampus, urusan selesai tanpa sekalipun membuka netbook ini. Pulang. Setiba di rumah, dibuka, ditekan tombol ON, loading, terdengar bacaan basmalah. Tampil box untuk minta password keyring, dan…… HANG!!!. Hah, restart paksa, dan hang lagi terus menerus. Kenapa ini? Harddisk rusak kah?!!!

Tahap keempat: Coba berbagai OS

Dengan kecemasan akan hardisk telah rusak, dicobalah live CD sabily 11.04 kembali. 64 bit Gagal, 32 bit pun gagal, tidak sampai masuk ke live CDnya. Ada apa ini?!?! Kembali dugaan harddisk rusak menguat. Pengaturan bios pun diperiksa satu persatu, siapa tau ada pengaturan yang mungkin berpengaruh. Ternyata tidak berhasil juga. Waaah……

Bongkar-bongkar peralatan perinstalan, bertemulah CD Wind*** Royal. Dicoba install. Alhamdulillah, terinstal dengan baik. Ternyata harddisknya aman saja. Kembali dicoba live CD Sabily 11.04, ternyata tidak juga bisa. Dicoba live CD Ubuntu 8.04LTS yang dulu saya dapat langsung dikirim dari Ubuntunya lewat shipit. Bisa!. Akhirnya Sabily 10.04 lah yang diinstal jadinya.

Tahap kelima: Instal Sabily 10.04LTS

Dari live CD sudah ketahuan bahwa Sabily versi ini belum mendukung grafis netbook ini. Googling-googling ketemu juga saran agar cek langsung ke website AMD. Ternyata AMD sudah memberikan dukungan driver grafis (ATI catalyst) untuk linux yang bisa diunduh. OK, sepertinya aman. Lalu diinstal permanenlah si OS ini.

Tahap keenam: Menginstal ATI catalyst

Setelah Sabily 10.04 LTS ini terpasang di netbook Acer Aspire One 522 berwarna hitam ini, tanpa utak-atik dan eksplore, langsung saja saya instal ATI catalyst yang disedot dari websitenya langsung. Berharap berjalan dengan lancar, ternyata masih ada juga satu kendala yang harus dihadapi dulu. Rupanya wizard instal yang dibuat oleh si ATI ini ukurannya jauh lebih besar (tingginya) dari resolusi standar. Tombol nextnya tidak bisa diklik karena tidak kelihatan teletak di bawah (diluar) layar. Pakai tab lalu diperkirakan dan enter pun tidak mempan. Tombol nextnya hanya bisa diklik saja. Waduh….. bagaimana ini?!

Pikir dan berpikir. Batang panel Sabily (Ubuntu juga) kan terletak di atas tuh. Terbersit ide, bagaimana jika dipindahkan batang panel itu ke samping. Kan bertambah juga ruang untuk letak jendela wizardnya. Alhamdulillah, dengan cara ini tombol nextnya muncul juga pinggirnya sedikit saja, tapi untunglah masih bisa diklik. Instalasi selesai dan bling….. Layar mantap pun akhirnya keluar.

Dengan terinstalnya ATI catalyst ini, Compiz pun bisa beraksi. Animasi efek dalam tampilan menghasilkan hasil yang memukau. Alhamdulillah

Tahap ketujuh: Menukar OpenOffice Menjadi LibreOffice 

Sabily 10.04 LTS menggunakan perangkat lunak OpenOffice sebagai aplikasi perkantoran. Namun setelah dipunyai oleh Oracle, para pengembang program ini beralaih mengembangkan aplikasi dengan nama baru yaitu LibreOffice. Kalau tahapan ini saya lakukan dengan mengikuti panduan dari komunitas saja.

Thanks Sabily. Terima kasih juga kepada komunitas open source semuanya!!!

———————————————————————————–

UPDATE (7/2/12):

Permasalahan hang untuk Ubuntu/Sabily 11.04, 11.10 dan Linux Mint, pada Acer Aspire One 522 dan 722, ternyata bisa diatasi dengan cara:

  1. Turn on Network Booting feature in Bios
  2. Move Network boot to first place in boot priorities in Bios

Sekarang AAO 522 ku pakai Linux Mint 12

20 Responses to Berbagi pengalaman dalam instal Sabily (Ubuntu Linux Muslim Edition) di Acer Aspire One 522

  1. maksumwidodo mengatakan:

    Dimana saya bsa mendapatkan cd copy dari sabily. Kebetulan saya juga tertarik.

    • Aadrean mengatakan:

      Cara mendapatkannya bisa didownload dari situsnya sabily.org. Teknisnya bisa download sendiri, atau minta tolong saja sama petugas warnet. Atau bisa juga beli cdnya dari situs-situs toko penjual linux di Indonesia. Kalau sudah ada yang punya pada daerah kita, tinggal copy saja cdnya.

  2. sabily memang distro yg tdk akan sulit untuk disandingkan dgn compiz

  3. Aryan mengatakan:

    Wah saya pake 522 ini di intall ubuntu 11.04 gak bisa, xubuntu 11.10 gag bisa, linux mint bisa tapi lemooooot, akhirnya di coba pake ubuntu 9 bisa namun sama kek pengalaman sampean vga ga detect, wifi jg ga detect, giliran pake modem bisa konek eh malah gag bisa di update gmana nih? bisa kasih solusi?:mrgreen: maklum newbie

  4. fajar mengatakan:

    ngomongin apa sih bang??
    nginstal ini itu, praktek ini itu.
    kaga ngarti pisan gua.
    pake XP aje udah, cuma klik sono klik sini, pencet sono pencet sini, tau2 ada kiriman 2 gitar gibso dari amrik langsung ke rumah gua gara2 visa orang gua bobol.
    (SOMBONG LU TONG)

  5. nsputra mengatakan:

    Waow mantap mas Aad. Saya juga menggunakan Sabily 10.04, bahkan beberapa software ikutannya, yaitu Inkscape, GIMP dan Scribus saya gunakan untuk menulis dan membuat buku. Pengin tahu saja, bisakah? Kayaknya, selama ini bisa. So, gak perlu lagi ngeluarin Rp. 8,5 juta untuk beli Adobe InDesign, cukup pakai Scribus. Silakan dicoba mas. Mantap sungguh!

  6. fendi mengatakan:

    mau nanya cara install grapis yg udah di unduh di web nya amd gmn ya perintah-nya di linux…

    • Aadrean mengatakan:

      Maksudnya instal driver dari AMD yang berekstensi .run itu kan? Kalau file yang saya download bernama ati-driver-installer-11-7-x86.x86_64.run Beda jenis grafis mungkin akan beda nama filenya.
      Caranya:
      Double klik saja, lalu pilih run. Maka akan keluar wizard install seperti biasa. Kalau lewat terminal ketik
      sudo sh namafilenya.run

      akan diminta password komputer, lalu ketik password (walau tak nampak tertulis), dan enter. Maka akan muncul wizard instal seperti biasa.

  7. Putri mengatakan:

    mas aq mau nya juga cara instal grafis yg sudah di download di web nya amd gmna ya perintah lewat terminalx di linux, soalnyx aq jga mengalami masalah grafis nya gambarnya pecah” logo sabily nya…mohon bantuanya

  8. Nandang mengatakan:

    Makasih info nya ane sama pake ao522 instal ubuntu 11.10 sering nge hang. mudah2an ikutin cara diatas jadi ngga hang lagi. dapat cara yg update tgl 7 dari mana? apa hasil temuan sendiri?

  9. mas numpang tanya… setelah download linux sabily , apakah harus dimasukan DVD…… saya bingung cara nginstalnya……

    • Aadrean mengatakan:

      setelah sabily di download, buka file pakai program pemburning lalu burning ke DVD, atau bisa juga ke flash disk dengan menggunakan program pembuat bootable flshdisk. Setelah itu jalankan Sabily lewat DVD atau flashdisk itu, tanpa harus instal. Kalau merasa puas dan cocok, nanti akan ada pilihan untuk menginstalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: