SERO: Supportive Environments for the Region’s Otters

Saat ini telah lahir sebuah jaringan para peneliti dan profesional di bidang berang berang, yang bernama SERO dengan kepanjangannya adalah Supportive Environments for the Region’s Otters. Kata Sero berasal dari bahasa sunda yang artinya adalah berang-berang. Panduan lapangan mamalia (Payne et al, 2000) juga menggunakan kata “sero ambrang” sebagai nama Indonesia dari berang-berang jenis Aonyx cinereus.

SERO adalah sebuah jaringan nirlaba para profesional dalam bidang perlindungan dan konservasi satwa dengan perhatian khusus terhadap empat jenis berang-berang di Timur jauh dan negara-negara lempeng Pasifik. Jaringan ini sekarang ini memiliki fokus perhatian pada Indonesia dengan tujuan sebagai berikut:

  • Sebuah program rehabilitasi dan pelepasliaran
  • Meningkatkan kualitas pemeliharaan berang-berang di penangkaran
  • Sebuah program edukasi untuk meningkatkan perhatian publik terhadap berang-berang dan lingkungannya
  • Menuju status perlindungan bagi berang-berang cakar kecil
  • Lingkungan yang berkelanjutan atau dilindungi bagi populasi satwa liar

Saat ini SERO telah memiliki anggota dari peneliti dan profesional di bidang berang-berang serta mendapatkan dukungan dari IUCN Otter Specialist Group (IUCN OSG), International Otter Survival Fund (IOSF), Cikananga Wildlife Center, Jakarta Animal Aid Network, serta dukungan dana dari Humane Society International Australia.

Jaringan yang dikoordinatori oleh Ruth Davidson ini pun telah mulai menampakkan andilnya. Sebuah prioritas program telah dibuat yaitu menyediakan sebuah lokasi rehabilitasi yang layak bagi berang-berang di di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) yang nantinya berang-berang yang sukses akan direintroduksi ke alam liar. Saat ini lokasi rehabilitasi ini telah selesai dibangun dan memiliki tiga ekor berang-berang cakar kecil yang sedang dipelihara. Hal ini membutuhkan dan memberikan peluang bagi peneliti dalam mengkaji tingkah laku dan aspek biologi lainnya sebelum hewan ini layak bisa bertahan hidup ketika dilepaskan ke alam liar nantinya.

Dalam program edukasi, jaringan ini juga telah dan terus mengembangkan sebuah situs yang bisa menjadi rujukan bagi yang ingin tahu tentang berang-berang. Sebuah menu interaktif tersedia bagi yang ingin memastikan apakah hewan yang mereka lihat itu adalah berang-berang dan apa jenis berang-berangnya. Tersedia juga pilihan untuk bertanya lebih lanjut dan bisa bergabung ikut serta ke dalam jaringan ini. Silahkan cek di http://seroberangberang.org.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: