Contoh aplikasi metoda valuasi ekonomi dalam biodiversitas:

Nilai nematoda sebagai bioremediasi tanah

Nematoda adalah hewan multiseluler yang paling banyak jumlahnya di bumi dan terdapat hampir di seluruh habitat dan beberapa juga terdapat di tempat yang tidak biasa seperti sumber mata air panas, es, laut dalam, dan lingkungan berasam dan dengan kadar oksigen rendah. Kelimpahannya mencapai jutaan individu per m2 tanah pada tanah dan sedimen dasar perairan.

Nematoda memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kelestarian tanah, salah satunya adalah sebagai dekomposisi material racun atau secara istilah disebut bioremediasi. Nilai nematoda sebagai bioremediasi tanah ini sangatlah penting. Jika dihitung dengan rupiah maka akan didapatkan seberapa pentingnya hewan kecil ini bagi tanah dan tentunya bagi manusia.

Dari data yang didapatkan dari internet, biaya yang dibutuhkan untuk bioremediasi adalah 20-200 USD per meter kubik bahan yang akan diolah (tergantung dari jumlah dan konsentrasi limbah awalserta metoda aplikasi). Itu merupakan tarif harga untuk bioremediasi. Jika dibandingkan dengan metoda lain yang digunakan untuk dekomposisi limbah atau racun, bioremediasi jauh lebih murah dari harga yang harus dikeluarkan dengan teknologi lain seperti incinerasi dan soil washing (150-600 USD).

Dari data tersebut dapat kita hitung berapa nilai nematoda yang ada di dalam tanah. Dapat juga dihitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memulihkan tanah lagi jika tidak ada nematoda tanah. Jika dikaitkan dengan metoda valuasi ekonomi, maka biaya bioremediasi 20-200 USD per meter kubik merupakan menggunakan harga pasar, dan biaya dekomposisi dengan teknologi lainnya tersebut yang sebesar 150-600 USD per meter kubik merupakan harga pengganti (surrogate).

Untuk lebih rincinya berapa nilai nematoda sebagai bioremediasi maka data berikut harus didapatkan terlebih dahulu:

  1. Berapa banyak nematoda di dalam tanah per meter kubiknya
  2. berapa laju dokomposer racun oleh nematoda
  3. dll

Tulisan ini merupakan tugas kuliah Asesmen Ekonomi Biodiversitas, Biologi Pascasarjana  Universitas Andalas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: