Tidak ada lagi rawa/danau Kasai

rawa kasai

Kondisi danau Kasai sebelumnya

danau kasai kering

Kondisi danau Kasai sekarang

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada artikel sebelumnya diuraikan sebuah habitat yang sangat bagus sebagai tempat tinggalnya beraneka ragam makhluk hidup yang belum tereksplorasi yaitu rawa/danau Kasai yang terletak di bagian selatan Sumatera Barat. Namun lahan basah tersebut sekarang hanya tinggal nama, karena kepentingan manusia. Danau ini sekarang telah dikeringkan. Keringnya danau ini diakibatkan oleh dibuatnya saluran air langsung, agar lahan yang mayoritas rawa tersebut bisa digunakan untuk lahan pertanian.

saluran pengeringan

saluran pengeringan rawa

Keringnya danau ini berdampak terhadap kehidupan liar yang ada disana. Bisa dibayangkan, berapa banyak hewan yang kehilangan habitat lahan basah ini, mulai dari ikan, katak, burung-burung air, mammalia, serta hewan kecil lainnya. Hasil tangkapan ikan masyarakat pun berkurang drastis. Pak Kilab seorang pencari ikan dengan cara lukah atau bubu ini mengeluhkan keadaan ini. Hasil tangkapannya berkurang drastis, sekarang hanya bisa mendapatkan ikan seperempat dari jumlah biasanya.
Lahan basah memang sangat terancam pada saat sekarang ini. Kebutuhan lahan yang sangat tinggi bagi manusia untuk pertanian, pemukiman dan kebutuhan manusiawi lainnya memberikan tekanan yang sangat akan pengeringan dan pembukaan lahan basah. Berdasarkan data dari Wetland International, lahan basah yang ada di dunia telah berkurang separo atau 50% sejak dari tahun 1900.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: