Rawa Kasai: Sebuah lokasi yang belum terekspos

Rawa yang terletak di Kecamatan Basa Ampek Balai (Tapan) Pesisir Selatan ini terbentuk kerena proses alam tapi akibat ulah manusia. Kira-kira empat tahun yang lalu, rawa ini merupakan sawah penduduk, namun tumpukan kayu yang hanyut dari hulu yang makin lama makin banyak, menghalangi aliran sungai Kumbuang. Hal ini memaksa air sungai ini memilih jalan lain ke daerah persawahan penduduk. Di rawa ini masih terlihat sisa-sisa reruntuhan pondok petani yang digunakan saat masih menjadi sawah.

Rawa KasaiKawasan yang digenangi mungkin mencapai puluhan hektar. Saat ini menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan liar yang mungkin cukup atau sangat sulit di jumpai di daerah lain, yaitu belibis, pecuk ular, dan bangau-bangauan serta burung air lainnya (maaf, belum tau nama latinnya). Menurut informasi dari penduduk, mentok rimba (Cairina scutulata) juga pernah di temui di sini. Burung-burung lain yang ditemukan diantaranya raja udang, bubut kecil, balam, layang-layang, ayam-ayam, dan ruak-ruak. Tampuo basarang randah juga bisa ditemukan disini. Dari pepohonannya pun dapat ditemukan sejenis simpai berwarna hitam (Hayo, apo namo latinnyo?!?!).

Tumbuhannya???, menarik!, di sekitar rawa ini terdapat Macaranga triloba, yang tumbuh sampai 20m. O ya, paku tiang (Cyathea) juga ditemukan disekitar rawa ini, yang diperkirakan beda dengan yang biasa ditemukan di sekitar kota Padang (Irzal, pers. comm.).

Karena ini rawa, maka berbagai jenis ikan ada disini, bahkan bisa dijadikan tempat mancing yang menarik (ikan nila berat satu kilo dan ikan gabus sebesar betis, siap sedia menarik dan menyentakkan kailmu. Strike…!).

Karena ikan ada, yang pasti berang-berang harusnya juga ada.

Berang-berang where are you? Show your body or your signs!……..

oleh: tim berang-berang, survei keempat, 2010

One Response to Rawa Kasai: Sebuah lokasi yang belum terekspos

  1. Ping-balik: Tidak ada lagi rawa/danau Kasai « Tulisanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: