The Most Wanted Species: Lutra sumatrana

The Most Wanted Species:

Lutra sumatrana (Gray, 1865), the Hairy-Nosed Otter

Tahu gak, ternyata jenis berang-berang ini sejak dideskripsikan oleh Gray pada tahun 1865, di Sumatera hanya pernah ditemukan kembali pada tahun 2005. Itupun ditemukan di tepi jalan raya mati karena terlindas mobil di dekat sungai Musi Palembang. Hewan yang berstatus Endangered ini malah lebih banyak dan intens penelitiannya dilakukan di Kamboja, Thailand dan Vietnam.

lutra sumatrana sedang makan ikan

Foto berang-berang Lutra sumatrana di kebun binatang di Kamboja

Kenapa di Sumatera penelitiannya sangat kurang?

Kenapa di negara lain sangat maju penelitian tentang jenis ini?

Padahal spesimen holotypenya berasal dari Sumatera!!!

lutra sumatrana

Penemuan jenis ini di Sumatera merupakan suatu BERITA BESAR, apalagi jika bisa menemukan habitatnya. Jika berhasil ditemukan, yakinlah bahwa semua mata peneliti berang-berang dunia akan beralih ke Sumatera, dan organisasi “funding” akan tertarik dengan penelitian yang bertema hewan ini.

Ingin jadi penemunya kembali??????

By: West Sumatra Otter Project

Didukung oleh:

rufford small grants

6 Responses to The Most Wanted Species: Lutra sumatrana

  1. halo, saya awalnya mencari nama latin dari koncek kasek, sehingga membawa saya ke blog ttg berang2ini…. dan mau kasih tahu kalo sekeyakinan saya .. Lutra sumatrana ini masih banyak di Batang Tabik Sungai Kamuyang 50 Kota, walo sekarang hanya 4-8 ekor/ gerombolan.. dan terakhir 3 minggu lalu saya masih melihat dengan mata kepala sendiri hanya 2 atau 3 meter dari rumah dikampung, disekitar kolam ikan.. dan setelah saya pelajari photo2 lain dari Lutra sumatrana ini, saya tambah yakin kalo berang2ini masih banyak di areal kampung saya….dari obrolan dengan bbrp orang, mereka bilang dulu jumlah gerombolan bisa 25-30 ekor, dan bunyinya sangat melengking, mulai bergerak bisa dari jam 7 sampai menjelang fajar…..

    • Aadrean mengatakan:

      Salam kenal Pak Benny, ternyata pak Benny adalah fotografer hebat. Fotonyo rancak-rancak. Ruponyo foto pacu jawi tu apak yang punyo yo!.
      Terim kasih telah berkunjung ke blog saya Pak. Terima kasih juga atas infonya.
      Koncek kasek itu yang umum ado duo Pak, Bufo melanostictus dan Bufo asper.
      Ciri-ciri berang-berang yang bapak ceritakan itu bukanlah Lutra sumatrana. Kalau Lutra sumatrana itu hidupnya soliter (menyendiri), dan benar-benar langka. Ada empat jenis berang-berang di Indonesia dan bentuknya sekilas memang mirip. Dari ciri-ciri yang Bapak sebutkan ada dua kemungkinan jenis Aonyx cinereus atau Lutrogale perspicillata. Kalau ukuran panjang totalnya kurang dari 80 cm berarti Aonyx cinereus, Kalau 1m atau lebih Lutrogale perspicillata. Yang paling umum dan sering mendekati perkampungan biasanya adalah Aonyx cinereus.
      Kembali ke Lutra sumatrana. Saking langkanya, jika ditemukan bukti valid keberadaan hewan ini, akan bisa menjadi berita yang menghebohkan bagi dunia konservasi dan biologi. Nah, jika Bapak berkesempatan bisa memotret berang-berang, hal yang paling perlu Bapak foto untuk bisa dipastikan dengan mudah nama jenis berang-berang adalah kepalanya dengan memperlihatkan bantalan hidungnya. Hanya dengan melihat bantalan hidung tersebut langsung bisa diidentifikasi dan dipastikan. Siapa tau Bapak dapat yang most wantednya!!!
      Untuk info tentang berang-berang lebih lanjut, tulisan berikut ini mungkin bermanfaat:
      Selamatkan berang-berang di Indonesia
      JIKA BERTEMU BERANG-BERANG, LAKUKAN INI! seri 1. Terlihat di alam; seri 2. Terlihat di dalam sangkar; seri 3. Terlihat bangkainya

  2. halo Aadrean, malam tadi jam 2.30an saya denger suara berang2, dan nyari, walo nggak liat tp terdengar nggak jauh, dan paginya saya nemu bangkai berang2, karena luka di tengkuk, mau bilang, walo pun saya yakin itu bukan Lutra Sumatrana, tp saya ambil bbrp photo, termasuk closeup wajahnya… kalo merasa diperlukan saya bersedia ngirim ke email bapak.. (emailnya please)

    terima kasih dan sukses selalu..

    • Aadrean mengatakan:

      Email saya a2drean[at]gmail[dot]com Pak
      Atau kirimkan alamat linknya saja, jika sudah diterbitkan ke webnya Bapak. Nanti saya cek dan komen di sana saja.

      Terima kasih banyak atas doanya. Doa sukses juga untuk Pak Benny.

  3. Halo Aadrean, sudah saya coba kirim ke email yg diatas (lampiran gambar juga), tp failed, katanya nggak ditemukan alamat email.

    thx

Tinggalkan Balasan

